Kejadian 33:1-20
Yakub berbaik kembali dengan Esau
33:1 Yakubpun melayangkan pandangnya, lalu dilihatnyalah Esau datang dengan diiringi oleh empat ratus orang.
Maka diserahkannyalah sebagian dari anak-anak itu kepada Lea dan sebagian kepada Rahel serta kepada kedua budak perempuan itu.
33:2 Ia menempatkan budak-budak perempuan itu beserta anak-anak
mereka di muka, Lea beserta anak-anaknya di belakang mereka, dan Rahel beserta Yusuf
di belakang sekali.
33:3 Dan ia sendiri berjalan di depan mereka dan ia sujud sampai ke tanah
tujuh kali,
hingga ia sampai ke dekat kakaknya itu.
33:4 Tetapi Esau
berlari mendapatkan dia, didekapnya dia, dipeluk lehernya dan diciumnya dia,
lalu bertangis-tangisanlah
mereka
1 .
33:5 Kemudian Esau melayangkan pandangnya, dilihatnyalah perempuan-perempuan dan anak-anak itu, lalu ia bertanya: "Siapakah orang-orang yang beserta engkau itu?" Jawab Yakub: "Anak-anak yang telah dikaruniakan Allah kepada hambamu ini.
"
33:6 Sesudah itu mendekatlah budak-budak perempuan itu beserta anak-anaknya,
lalu mereka sujud.
33:7 Mendekat jugalah Lea beserta anak-anaknya,
dan merekapun sujud.
Kemudian mendekatlah Yusuf beserta Rahel,
dan mereka juga sujud.
33:8 Berkatalah Esau: "Apakah maksudmu dengan seluruh pasukan, yang telah bertemu
dengan aku tadi?" Jawabnya: "Untuk mendapat kasih tuanku.
"
33:9 Tetapi kata Esau: "Aku mempunyai banyak,
adikku; peganglah apa yang ada padamu."
33:10 Tetapi kata Yakub: "Janganlah kiranya demikian; jikalau aku telah mendapat kasihmu,
terimalah persembahanku
ini dari tanganku, karena memang melihat mukamu adalah bagiku serasa melihat wajah Allah,
dan engkaupun berkenan
menyambut aku.
33:11 Terimalah kiranya pemberian
tanda salamku ini, yang telah kubawa kepadamu, sebab Allah telah memberi karunia kepadaku
dan akupun mempunyai segala-galanya.
" Lalu dibujuk-bujuknyalah Esau, sehingga diterimanya.
33:12 Kata Esau: "Baiklah kita berangkat berjalan terus; aku akan menyertai engkau."
33:13 Tetapi Yakub berkata kepadanya: "Tuanku
maklum, bahwa anak-anak ini masih kurang kuat, dan bahwa beserta aku ada kambing domba dan lembu sapi yang masih menyusui,
jika diburu-buru, satu hari saja, maka seluruh kumpulan binatang itu akan mati.
33:14 Biarlah kiranya tuanku berjalan lebih dahulu dari hambamu ini dan aku mau dengan hati-hati beringsut maju menurut langkah hewan,
yang berjalan di depanku dan menurut langkah anak-anak, sampai aku tiba pada tuanku di Seir.
"
33:15 Lalu kata Esau: "Kalau begitu, baiklah kutinggalkan padamu beberapa orang dari pengiringku." Tetapi Yakub berkata: "Tidak usah demikian! Biarlah aku mendapat kasih tuanku
saja."
33:16 Jadi pulanglah Esau pada hari itu berjalan ke Seir.
33:17 Tetapi Yakub berangkat ke Sukot,
lalu mendirikan rumah, dan untuk ternaknya dibuatnya gubuk-gubuk. Itulah sebabnya tempat itu dinamai Sukot.
33:18 Dalam perjalanannya dari Padan-Aram
sampailah Yakub dengan selamat ke Sikhem,
di tanah Kanaan, lalu ia berkemah di sebelah timur kota itu.
33:19 Kemudian dibelinyalah dari anak-anak Hemor,
bapa Sikhem,
sebidang tanah,
tempat ia memasang kemahnya,
dengan harga seratus kesita.
33:20 Ia mendirikan mezbah
di situ dan dinamainya itu: "Allah Israel ialah Allah."
Kejadian 6:9
Riwayat Nuh
6:9 Inilah riwayat
Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela
di antara orang-orang
2 sezamannya;
dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah.
Keluaran 12:29
Tulah kesepuluh: Anak sulung mati Orang Israel keluar dari Mesir
12:29 Maka pada tengah malam
TUHAN
membunuh tiap-tiap anak sulung
di tanah Mesir, dari anak sulung Firaun yang duduk di takhtanya sampai kepada anak sulung orang tawanan, yang ada dalam liang tutupan, beserta segala anak sulung hewan.
Keluaran 12:2
12:2 "Bulan inilah akan menjadi permulaan
segala bulan bagimu; itu akan menjadi bulan pertama bagimu tiap-tiap tahun
3 .
Kisah Para Rasul 15:5
15:5 Tetapi beberapa orang dari golongan
Farisi,
yang telah menjadi percaya, datang dan berkata: "Orang-orang bukan Yahudi harus disunat dan diwajibkan untuk menuruti hukum Musa.
"
Kisah Para Rasul 19:35
19:35 Akan tetapi panitera kota menenangkan orang banyak itu dan berkata: "Hai orang Efesus!
Siapakah di dunia ini yang tidak tahu, bahwa kota Efesuslah yang memelihara baik kuil dewi Artemis, yang mahabesar, maupun patungnya yang turun dari langit?
Kisah Para Rasul 19:2
19:2 Katanya kepada mereka: "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus
4 ,
ketika kamu menjadi percaya?" Akan tetapi mereka menjawab dia: "Belum, bahkan kami belum pernah mendengar
5 , bahwa ada Roh Kudus."
Kisah Para Rasul 10:15
10:15 Kedengaran pula untuk kedua kalinya suara yang berkata kepadanya:
"Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram."
Kisah Para Rasul 12:23
12:23 Dan seketika itu juga ia ditampar
malaikat
Tuhan karena ia tidak memberi hormat kepada Allah; ia mati dimakan cacing-cacing.
1 Full Life: ESAU ... DICIUMNYA DIA, LALU BERTANGIS-TANGISANLAH MEREKA.
Nas : Kej 33:4
Allah telah menangani Esau dan menempatkan dalam hatinya keinginan
untuk berdamai dengan saudaranya. Sikap Esau yang ramah merupakan jawaban
Allah terhadap doa Yakub (Kej 32:11).
2 Full Life: NUH ADALAH SEORANG YANG BENAR DAN TIDAK BERCELA DI ANTARA ORANG-ORANG.
Nas : Kej 6:9
Di tengah kefasikan dan kejahatan yang merajalela ketika itu (ayat
Kej 6:5), Allah menemukan dalam diri Nuh seorang yang benar dan yang
masih berusaha untuk berhubungan dengan-Nya.
- 1) "Tidak bercela di antara orang-orang sezamannya" menunjukkan bahwa
dia memisahkan diri dari kejahatan moral masyarakat di sekitarnya.
Karena dia adalah orang benar yang takut akan Allah dan tidak menyetujui
pandangan dan kelakuan umum yang populer, Nuh berkenan kepada Allah
(ayat Kej 6:8; 7:1; Ibr 11:7; 2Pet 2:5).
- 2) Kebenaran dalam hidup Nuh ini dihasilkan oleh kasih karunia Allah,
oleh iman Nuh dan pergaulannya dengan Allah (ayat Kej 6:9).
Keselamatan di zaman PB harus diperoleh dengan cara yang sama, yaitu
oleh kemurahan dan kasih karunia Allah yang diterima melalui iman yang
begitu vital sehingga menghasilkan usaha yang tulus untuk bergaul dengan
Allah dan hidup terpisah dari angkatan yang jahat (ayat Kej 6:22;
Kej 7:5,9,16). Ibr 11:7 menyatakan bahwa Nuh "ditentukan untuk
menerima kebenaran sesuai dengan imannya."
- 3) PB juga menyatakan bahwa Nuh merupakan pengkhotbah kebenaran
(2Pet 2:5). Di dalam hal ini dia merupakan teladan bagi para
pengkhotbah.
3 Full Life: BULAN PERTAMA BAGIMU TIAP-TIAP TAHUN.
Nas : Kel 12:2
Pasal Kel 12:1-51 menerangkan Hari Raya Paskah (ayat
Kel 12:1-14,21-28) dan Hari Raya Roti Tidak Beragi (ayat
Kel 12:15-20). Perayaan-perayaan ini dilandaskan pada
peristiwa-peristiwa bersejarah dari Paskah pertama pada saat terjadinya
keluaran (pasal Kel 12:1-14:31). Karena Paskah menandai awal baru bagi
Israel, bulan ketika hal itu terjadi (Maret-April dalam penanggalan kita)
menjadi "bulan pertama" dari tahun baru bagi bangsa tersebut -- dimaksudkan
untuk mengingatkan umat itu bahwa keberadaan mereka sebagai umat Allah
adalah hasil pembebasan mereka dari Mesir oleh tindakan penebusan-Nya yang
perkasa.
4 Full Life: SUDAHKAH KAMU MENERIMA ROH KUDUS?
Nas : Kis 19:2
Perhatikan fakta-fakta berikut tentang pertanyaan Paulus:
- 1) Pertanyaan Paulus ini menunjukkan dengan tegas bahwa ia menganggap
para murid di Efesus itu orang Kristen yang sungguh lahir baru yang
belum dipenuhi oleh Roh Kudus.
- 2) Pertanyaan Paulus di sini menunjuk kepada baptisan dalam Roh Kudus
untuk kuasa dan pelayanan, sama seperti yang terjadi pada hari
Pentakosta (bd. Kis 1:8; 2:4). Ini tidak bisa menunjuk kepada
kehadiran Roh yang mendiami orang percaya, karena Paulus pasti
mengetahui bahwa semua orang percaya mempunyai Roh Kudus yang tinggal
dalam mereka dari saat mereka beriman, bertobat, dan dilahirkan baru
(Rom 8:9).
- 3) Terjemahan harfiah dari pertanyaan Paulus ini adalah, "Setelah
percaya, sudahkah kamu menerima Roh Kudus?" "Setelah percaya" (Yun.
_pisteusantes_, dari pisteuo) adalah partisip aorist, yang biasa
menunjuk kegiatan yang terjadi sebelum kegiatan dalam kata kerja utama
(dalam hal ini, "menerima"). Dengan demikian, kita dapat
menerjemahkannya, "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus setelah kamu
percaya?" Terjemahan ini sangat cocok dengan konteks karena hal itulah
yang terjadi pada para murid di Efesus ini.
- (a) Mereka sudah percaya pada Kristus sebelum Paulus berjumpa dengan
mereka (ayat Kis 19:1-2).
- (b) Mereka kemudian mendengar Paulus dan percaya semua yang
dikatakannya kepada mereka tentang Kristus dan Roh Kudus (ayat
Kis 19:4).
- (c) Paulus menganggap kepercayaan mereka dalam Kristus itu sungguh
dan memadai, karena dia membaptis mereka dalam nama Tuhan Yesus
(ayat Kis 19:5).
- (d) Pada saat itulah, setelah percaya dan menerima baptisan air,
Paulus menumpangkan tangannya atas mereka dan "turunlah Roh Kudus
atas mereka" (ayat Kis 19:6). Jadi, di antara saat mereka
percaya pada Kristus dengan kedatangan Roh Kudus atas mereka
terdapat suatu selang waktu.
Pertanyaan Paulus menunjukkan dengan jelas bahwa dia menganggap adalah
mungkin orang "percaya" pada Kristus tanpa mengalami baptisan dalam Roh
Kudus. Bagian ini sangat menentukan sebagai bukti bahwa orang bisa menjadi
orang Kristen tanpa mengalami kepenuhan Roh
(lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
5 Full Life: BAHKAN KAMI BELUM PERNAH MENDENGAR.
Nas : Kis 19:2
Tanggapan para murid di Efesus tidak berarti bahwa mereka belum
pernah mendengar tentang Roh Kudus. Pastilah mereka sudah mengetahui ajaran
PL mengenai Roh, dan pastilah mereka pernah mendengar pesan Yohanes
Pembaptis tentang baptisan Roh Kudus yang akan dibawa oleh Kristus
(Luk 3:16). Mereka belum mendengar bahwa Roh Kudus dicurahkan atas
orang-orang percaya (Kis 1:5,8).